Kacau Balaunya Drama Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo (PART 1)



Tulisan ini bertujuan untuk menyayangkan drama kesayangan yang saat ini gw tonton, Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo (MLSHR). Meski sebagai fans gw mengkritik drama ini, gw masih cinta dan akan setia menonton drama ini sampai episode terakhir. Drama MLSHR mungkin jadi drama yang paling gw tunggu-tunggu sejak awal tahun 2016, karena drama ini ada Lee Joon Gi yang memang selalu gw nanti-nantikan dramanya. Namun, ketika menonton sampai 13 episode, gw merasa kecewa dengan drama ini (dari segi produksinya), karena ternyata drama ini PUNYA 2 VERSI BERBEDA. Versi Internasional, dan versi Korea.

Gw akan menjelaskan dulu latar belakang produksi drama ini. MLSHR adalah drama pre production atau drama yang proses pembuatan skenario, proses syuting, proses editing, dan lain-lain dikerjakan sebelum jadwal tayang. Artinya drama ini ketika ditayangkan, sudah selesai melalui proses syuting dan editingnya. Masih ingat drama Descendant of The Sun (DOTS) yang sukses besar awal tahun 2016? Nah, drama DOTS ini adalah drama pre production. Jadi memang MLSHR ingin mengekor kesuksesan DOTS.

Apa tujuan drama pre production? Karena drama ini akan ditayangkan secara simultan bersamaan di China, di waktu yang sama dengan penayangan di Korea. Di China, MLSHR ditayangkan lewat situs streaming China bernama Youku. Oleh karena ditayangkan simultan di China, drama ini harus melewati proses sensor yang diterapkan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (semacam LSF nya Indonesia) agar isi tayangannya tidak ada yang menyinggung tentang China dan sejarahnya. Jadi si Production House (rumah production yang memproduksi drama ini) dan SBS (stasiun televisi yang menayangkan) harus mengirimkan drama ini full 20 episode. Artinya drama ini SUDAH JADI SEMUA ketika dikirimkan ke China. Dan ternyata selain China, drama ini juga ditayangkan simultan di Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Singapura lewat ONE channel). Jadilah ke 20 episode MLSHR yang sudah jadi itu, dikirimkan ke China dan Asia Tenggara. Inilah yang nanti kita sebut sebagai MLSHR versi internasional.  

Promosi sudah gencar dilakukan di Korea, di China, dan Asia Tenggara, karena di dalamnya ada pemain-pemain anggota boyband dan girlband K-Pop. Seperti Baekhyun EXO, Sehyun SNSD, dan IU sebagai pemeran utama perempuan. Jadi diharapkan penonton internasional seperti kita-kita ini ngeh dan akan menonton drama ini. Gw sendiri sih gak terlalu peduli dengan pemilihan cast-nya, karena memang mau nonton MLSHR karena ada Lee Joon Gi-nya (ini mah karena emang fans berat dia dari dulu). Lalu, tidak mengerti juga apakah karena pemodal yang sudah mengeluarkan dana sangat besar untuk MLSHR, mereka pun seperti tidak sabaran menayangkan drama ini dengan memajukan jadwal tayang drama menjadi akhir Agustus 2016, dari jadwal yang seharusnya musim gugur (Oktober / November) 2016. 

Kekacauan pun muncul saat drama ini mulai tayang 3 episode akhir Agustus 2016

Selanjutnya, gw tulis di post yang berbeda, yaitu DI SINI. Namun, mari nikmati dulu, foto-foto proses syutingnya. 


 





































Pictures credit: SBS PD NOTE

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Anak Istimewanya Ibu

Imunisasi di Rumah Vaksin