Dua Versi Berbeda dalam Moon Lover Scarlet Heart Ryeo Episode 10 - 11

Semakin banyak episode Moon Lovers Scarlet Heart Ryeo (MLSHR), semakin kelihatan rasa perbedaan antara versi internasional dan versi Korea. Dan gw masih tetap mengatakan versi Korea lebih bagus daripada versi internasional. Bukan cuma pemindahan adegan, atau penambahan monolog dari salah satu karakter, tapi penempatan musik dan backsound ternyata sangat-sangat berpengaruh dalam membawa mood penonton dalam menikmati MLSHR. Kali ini gw akan jabarkan perbedaan episode 10 dan 11.

EPISODE 10
Adegan Wang So dan Hae Soo di pantai
Di versi Korea, adegan di pantai ditambah monolog Hae Soo dalam hati. Yang meyakinkan diri bahwa bayangan Wang So menjadi Raja Gwangjong yang kejam dan membunuh saudaranya sendiri, adalah sebuah halusinasi. Sayang sekali suara hati Hae Soo ini dibuang di versi internasional, karena semakin menunjukkan kalau dia ketakutan dengan Wang So. Sementara dalam versi Korea, kita justru akan lebih mengerti perasaan Hae Soo. Musik di pantai yaitu OST dengan penyanyi Epik High feat Lee Hi, juga diganti. Yang ada bagian rapnya dibuang.


Adegan Hae Soo make-up Wang So.
Lagi-lagi versi Korea menambahkan monolog/suara hati Hae Soo saat adegan dia memberi make-up pada Wang So. Kata-kata suara hati ini, seperti ingin membawa penonton bahwa Hae Soo tidak ketakutan ketika bersama Wang So.


Adegan Baek Ah mencari Woo Hee.
Di versi Korea, adegan ini ditambahkan monolog/suara dalam hati Baek Ah yang mencari Woo Hee. Tujuannya, tentu agar penonton tidak kebingungan dengan adegan yang loncat-loncat. Dilanjutkan dengan adegan perdana menteri Park Kyung Gu yang ternyata berasal dari klan kerajaan Baekje (kerajaan sebelum Goryeo), yang merencanakan pembunuhan Raja Taejo yang akan dilakukan oleh Woo Hee. Pembicaraan mereka terlihat oleh Baek Ah, yang sama sekali tidak tahu aksi rencana mereka. Dalam versi internasional adegan ini dibuang.

EPISODE 11
Selain episode 8, episode 11 adalah salah satu episode paling bagus dalam drama MLSHR. Beberapa dialog dan adegan epic ada di episode 11 ini. Di episode ini mungkin yang paling sedikit perbedaaan antara versi internasional dan versi Korea. Hanya beberapa adegan diperpanjang, dan penggantian backsound. Hanya menambah durasi beberapa adegan.

Adegan 3 pangeran memohon pada Raja Taejo di saat hujan.
Adegan ini diperpanjang beberapa detik. Sehingga penonton mendapat betapa para pangeran ini memiliki kedekatan emosional dengan Hae Soo. 


Adegan Hae Soo menunggu Wang Wook saat hujan.
Backsound adegan ini diganti di versi Korea. Dan menurut gw jadi lebih sedih musiknya seakan membawa penonton dalam perasaan kosong Hae Soo melihat Wang Wook memalingkan badan (rasanya gw mau gaplok Wook). Lalu musik berhenti, dan muncul kaki seseorang di samping Hae Soo, dengan musik OST dari Davichi. Ternyata jubah Wang So menutupi Hae Soo dari hujan. Merinding!!!


Semakin ke sini, editing versi Korea lebih baik sih menurut gw. Apalagi episode 11 menjadi titik balik Hae Soo yang mulai merasa cintanya pada Wang Wook dikhianati.

Untuk perbedaan episode 12 dan 13 akan segera dibuat ya. 



Photo credit: Screen Capture & SBS PD Note

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Usaha Menaikkan Berat Badan Secara Alami

Anak Istimewanya Ibu

Imunisasi di Rumah Vaksin